Lihatlah Dirimu Sendiri

Setiap hari matahari terbit, angin berhembus, cerah menyinari, dan membuat tempat kita berpijak sekarang menjadi nyaman. Ada juga beberapa hari dalam setiap hari itu keadaan berubah. Hujan turun, angin dingin menusuk tulang, langit menjadi kelabu, dan membuat perasaan kita campur aduk. Itu terjadi karena ada perubahan yang berlangsung.

Mari kita berjalan sedikit lebih dekat ke dalam diri kita sendiri. Perubahan selalu terjadi. Kita bertumbuh tinggi, berubah ukuran tubuh, dan hal fisik lainnya. Yang lainnya, kita juga berkembang dalam pemikiran, pandangan, dan penilaian. Hal yang sering luput adalah kita lupa akan perubahan yang terjadi tersebut.

Setiap hari kita menemukan hal baru di Instagram Story. Kadang hal-hal yang kita temukan membuat kita bahagia, melihat teman-teman kita wisuda atau jalan-jalan dengan keluarga. Kadang apa yang ditemukan itu juga membuat kita merasa iri sampai membuat diri kita dirasa tidak ada gunanya lagi atau kenapa kita tidak bisa sesenang orang yang kita tonton hidupnya.

Bagi pencari kerja, saat para pelamar dipertemukan dalam satu ruang dan saling mengetahui latar belakang masing-masing. Ada yang lulusan universitas swasta berkenalan dengan lulusan PTN merasa dirinya bukan apa-apa. Sedangkan lulusan PTN yang berkenalan dengan lulusan luar negeri merasa dirinya kalah sebelum berperang.

Tenangkan hati, semua ini bukan salahmu.

Semua itu terjadi karena kita selalu membandingkan diri dengan diri yang lain. Membandingkan sesuatu yang tidak semestinya dibandingkan. Ditambah dengan ketidakpercayaan pada diri kita sendiri karena kita lupa kalau diri kita juga berkembang, diri kita berubah setiap helaan nafas karena semua orang seperti itu, semua lulusan universitas tersebut seperti itu.

Beberapa waktu belakangan, aku dan temanku sering membicarakan perihal diri kita sebagai manusia. Salah satu yang kami sentuh adalah masalah di atas. Apa yang kita dapatkan saat kita fokus pada perubahan diri kita akan jauh lebih memberikan benefit ke diri kita di masa depan baik yang dekat maupun jauh daripada membandingkan terus-terusan dengan perubahan diri orang lain yang bisa jadi membuat kita malah melangkah mundur.

Layaknya lintasan Tamiya seperti yang temanku ambil sebagai sebuah contoh. Lintasannya adalah milik masing-masing mobil, nikmati saja perjalanan yang kita lewati di lintasan itu.

Atau mungkin ada hal lain lagi yang kita lupakan? Tujuan? Ya bisa jadi. Tanpa tujuan, mudah saja kita masuk ke masalah ‘selalu membandingkan dan melupakan perkembangan diri kita‘.

Kalau sudah bertujuan tapi masih begitu-begitu saja? Mungkin kita salah dalam cara kita mencapai tujuan itu. Sebuah tujuan hampir mustahil dapat terwujud semudah membalikkan telapak tangan. Sebuah tujuan harus diiringi kerja keras, perjalanan panjang, trial and errors.

Breakdown perjalanan panjang tersebut menjadi jalan-jalan pendek yang bisa kita lalui dengan senang hati. Jika kita ingin menjadi seorang desainer grafis, bisa jadi kita belajar teorinya dulu selama beberapa waktu, lalu mencoba praktik dengan desain yang sederhana sampai kita menguasainya dan terus meningkat. Pelan-pelan.

Dengan adanya tujuan, perjalanan kita bisa sedikit demi sedikit lepas dari penyakit membandingkan diri. Kita juga selalu menghargai progres yang kita lakukan walaupun mungkin progres itu tidak terlihat tapi kita percaya kalau kita sudah membuat jalan-jalan pendek yang sedikit demi sedikit mengantarkan kita ke tujuan. Karena saat kita melihat diri kita sendiri maka kita tahu apa yang mesti kita tuju atau apa yang membuat diri kita merasa berada di jalan yang benar.

Jangan berhenti, yang kau takutkan takkan terjadi.

indra kurniawan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s