Menonton Film Asing : India dan Iran

Akhir-akhir ini, waktu kosong kuisi dengan menonton film. Besar rasa kebingungan saat memutuskan sudah mau nonton, lalu banyak sekali pilihan film yang ada. Alhasil, sekitar setengah jam atau lebih aku habiskan hanya untuk melihat-lihat mana yang sekiranya akan kutonton.

Keputusanku jatuh kepada film-film dari tempat yang jarang kusaksikan dan pilihan itu jatuh ke film India. Beberapa film kutonton. Sebut saja film itu Badhaai Ho, Bareilly Ki Barfi, 15 August, dan Andhadhun. Ada rasa puas dan tidak, ada rasa penasaran dan membiarkan film terus berlanjut. Dari beberapa film tersebut, Andhadhun jagoanku. Dengan premis yang cukup membuat penasaran ternyata plot yang diberikan juga tidaklah manis. Walaupun begitu keseluruhan ceritanya tetaplah menarik.

Lalu, dari sini, aku mulai ingin melihat film-film lain dari negara yang berbeda. Pilihan selanjutnya jatuh pada Iran. Baru dua film yang kutonton, The Salesman dan A Separation. Keduanya punya director yang sama dan punya plot cerita yang menimbulkan kegelisahan yang sama. The Salesman seolah seorang manusia biasa yang tahu-tahu sepanjang dia berjalan mendekati ujung jalan, dia membawa bom yang siap meledak. Ya, plot cerita The Salesman itu tidak diduga sampai pada babak akhir film barulah perasaanku dibuat hancur. Tidak begitu beda, A Separation juga mencicil sedikit demi sedikit bom yang akan diledakkan di akhir film dari drama perceraian ini.

Tambahan film lain yang ditonton, meskipun bukan buatan Bollywood tapi masih berkutat di satu negara yang sudah kusebutkan yaitu Lion dan Hotel Mumbai dengan setting di Mumbai, India. Hotel Mumbai sudah kubuat review amatir di sini.

TIMELINE


Dari semua film yang sudah kutonton tersebut, hari ini aku tiba-tiba memutuskan untuk membuat kolase acak tempat-tempat dari negara yang sudah kutonton filmnya. Kali ini tentunya jatuh kepada dua negara India dan Iran.

Kesan dari menonton film-film dengan tempat-tempat yang berbeda dari yang kutinggali sekarang membuatku berimaji untuk melakukan perjalanan ke negara-negara tersebut. Melihat kilasan bangunan-bangunan, padang rumput, lintasan rel kereta, ataupun ratusan orang berkerumun di stasiun dalam film Lion. Menyaksikan budaya India yang mendekorasi rumahnya dengan lampu gantung di depan rumah menjulur dari atap untuk merayakan kelahiran anak di film Badhaai Ho. Menapaki jalanan penuh mobil dengan plat bertuliskan huruf arab, budaya yang kental dengan ajaran Islam dalam film A Separation. Atau bahkan menjadi saksi lintas waktu mencekamnya serangan teror di Mumbai yang menghancurkan megahnya bangunan Taj Hotel di film Hotel Mumbai.

Semua itulah yang membuatku berpikir, “Bagaimana kalau aku membuat kolase foto dari negara-negara tersebut.”. Tanpa tujuan pasti, namun setidaknya aku menyalurkan perasaan senang saat melihat film-film yang menampilkan tempat-tempat di negara tersebut dan melakukan imaji jalan-jalan gratis.

Dan inilah yang coba kubuat dengan bantuan foto-foto menakjubkan dari fotografer-fotografer dari Unsplash serta Google Image.


INDIA
Around India
IRAN
Cities in Iran

indra kurniawan

Credits part – thanks to :

Kolase India – Photos by Ashwin Vaswani, shreyas kamble, Mitchell Ng Liang an, Paul Dufour, Dewan Salimuddin Ahmed, Frank Holleman, Arindam Saha, Ravi Singh on Unsplash

Koran India https://www.newspaperkart.com/newspaper/RAJASTHAN-PATRIKA

Kolase Iran – Photos by Mehrshad Rajabi, Narges Moaddab, Roozbeh EslamiMansour Kiaei, Ryzen Studio, Abbas Malek Hosseini, Faruk Kaymak, Iman soleimany zadeh, Steven Su on Unsplash

Koran Iran http://www.payvand.com/news/11/nov/1278.html

Foto footage film :

Lion http://www.moviematrimony.com/the-fourth-day-of-oscar-2017-the-best-of-cinematography/

A Separation http://www.ferdyonfilms.com/2012/a-separation-2011/13435/

The Salesman http://www.filmsufi.com/2016/08/the-salesman-ashgar-farhadi-2016.html

Andhadhun https://www.deccanherald.com/entertainment/pati-patni-beefcake-aur-blind-696370.html

Hotel Mumbai https://indaily.com.au/arts-and-culture/2018/09/25/whats-on-mamma-mia-festival-flicks-hardcore-ukes/

Iklan

One thought on “Menonton Film Asing : India dan Iran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s