Motion Books · Motion Things

Saat Kita Menemukan ‘Kunci’, Akhirnya Membaca Jadi Menyenangkan

Kevin 1
Ini Kevin.

Iseng-iseng mikir mau nulis apa, lalu muncul ide menanyakan temanku, Kevin yang secara kerennya bisa menamatkan satu buku 700an halaman dengan pengalaman baca yang masih sedikit. Ekspektasiku pas minta dia baca Aroma Karsa karya Dee Lestari adalah bisa menikmati ceritanya karena tulisan Dee Lestari menurutku sangat nyaman untuk dibaca. Ekspektasi itu terbayar. Kevin suka dengan cerita di bukunya.

Jadi, aku menanyakan sedikit tentang pengalaman membacanya.


Jadi kemarin itu pertama kalinya namatin buku?

Iya, jadi kemarin itu pertama kalinya namatin buku terutama novel. Soalnya dulu waktu SMA pernah ada tugas buat sinopsis novel gitu, terus (novelnya) gak kubaca dengan serius, sekilas-sekilas doang. Kalau kemaren dibaca dengan runtut.

Buku apa sih yang di baca?

Buku yang dibaca kemarin buku Aroma Karsa karangan Dee Lestari

Pernah baca buku lain dan selesai? kalau gak kenapa?

Belum pernah, kemarin masih pertama kalinya baca buku selesai. Karena kenapa? Dulu tuh minat baca(ku) kurang terus ceritanya (novel yang pernah dibaca) dulu tuh kurang menarik. Tentang cinta-cintaan alay gitu sih cerita novelnya. Ya tapi relevan sih sama umur gue waktu itu, tapi kayak gak tertarik aja dengan cerita menye menye. Dan yang kemarin Aroma Karsa, menarik gitu, loh.

Terus kesannya sama buku yang kemarin di baca selesai gimana?

Kesannya buku yang kemarin udah dibaca keren banget sih. Memang sesuai gitu loh dengan personality dari pembacanya yang suka dengan dunia fantasi. Jadi bisa berimajinasi secara liar gitu.

Menurutmu genre cerita itu mempengaruhi ga sih buat baca?

Iya dong. Genre itu mempengaruhi banget buat orang yang mau baca. Bisa kayak jadi rule atau gambaran kedepannya.

Pengin baca buku lainnya lagi? Kenapa? kalau gak juga kenapa?

Pengin sih, pengin baca buku yang lain juga. Terutama yang fantasi-fantasi kayak gitu. Suka aja dengan cerita-cerita yang memang gak biasa gitu. Bukan dalam artian sesuatu yang normal.

Gimana pengalaman kamu dalam membaca?

Pengalamannya luar biasa, kayak dibawa ke dunia lain. Jadi bisa membentuk imajinasi sendiri sosok tokohnya itu kayak gimana menurut gambaran kita. Terus perwujudannya, perwatakannya itu emang bener-bener keren banget.

Tertarik baca buku lain karena udah namatin aroma karsa kemaren? Atau emang dari dulu pengen baca banyak buku cuma ga ketemu buku yang pas?

Iya gue tertarik sebenernya. Nah itu juga sih, dulu pengin baca tapi belum nemu yang pas. Setelah nemu Aroma Karsa, wah ternyata genreku tuh gini banget, jadi tertarik baca yang lain.

Terakhir nih, apa yang kamu dapetin setelah baca? Terutama bacaan kemaren?

Yang gue dapetin setelah baca terutama yang Aroma Karsa kemarin, buat diri gue sendiri sih bahwa minat baca tuh harus ditingkatin. Kenapa? Karena memang kita gak bisa selamanya ngedengerin doang karena sebenernya lebih nangkep kalau kita membaca sendiri dan kita mengartikan sendiri dengan bahasa kita sendiri tanpa harus mendengarkan kata-kata orang lain.


Ya, begitulah tanya jawab singkat tentang pengalaman membaca Kevin. Selama kuliah kayaknya belum pernah aku lihat dia baca novel, tapi pas baca Aroma Karsa dia malah bisa namatin.

Dari sana aku nyimpulin kalau saat kita nemuin ‘kunci’ atau sesuatu yang buat kita bisa match sama cerita dalam sebuah novel kayak Kevin yang bilang genrenya sesuai, maka membaca pasti jadi menyenangkan. Karena sejatinya membaca terutama novel tujuannya adalah untuk hiburan, jadi buatlah menyenangkan dengan cari bacaan yang sesuai dengan selera atau genre kita.

indra kurniawan

Iklan

Satu tanggapan untuk “Saat Kita Menemukan ‘Kunci’, Akhirnya Membaca Jadi Menyenangkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s